Pelatihan Microsoft Excel Lanjut bagi Siswa Administrasi Perkantoran SMK Plus Al Aitam


Pada tanggal 14-15 Desember 2016 telah dilaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen Prodi D3 Teknik Telekomunikasi di SMK Al Aiitam. Pengabdian masyarakat dengan judul “Pelatihan Microsoft Excel Lanjut untuk siswa SMK Al Aiitam jurusan Administrasi Perkantoran” . SMK Al Aiitam amerupakan sekolah menengah kejuruan yang berada di wilayah desa Ciganitri dan cukup dekat dengan kampus Telkom University. Pelatihan diikuti oleh 20 siswa dan dilaksanakan di SMK Al Aiitam. Dosen D3 Teknik Telekomunikasi yang bertindak sebagai instruktur yaitu Yuli Sun Hariyani, Tengku Ahmad Riza dan Aris Hartaman.

Didalam dunia kerja yang berhubungan dengan administrasi perkantoran, penguasaan Microsoft Office sangat dibutuhkan sebagai tools pekerjaan administrasi perkantoran. Mulai dari perhitungan dasar sampai dengan pembuatan data base sederhana menggunakan Microsoft Excel.

Masalah yang terjadi dan menjadi tantangan di SMK Al-Aitaam adalah banyaknya siswa SMK untuk jurusan Administrasi Perkantoran yang belum menguasai penggunaan Microsoft Excel sampai dengan tingkat lanjut. Mereka sebatas mengetahui penggunaan Excel ini dalam tahap dasar. Padahal penggunaan Excel ini bisa membantu dan memudahkan dalam pekerjaan Administrasi Perkantoran, apabila Siswa SMK sudah dibekali dengan penguasaan Microsoft Excel sampai dengan tingkat lanjut.

Kegiatan PPM ini dilakukan di SMK Plus Al Aitam. Peserta yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah para guru dan Siswa-siswa SMK Plus Al Aitam. Kegiatan ini berupa pelatihan dengan menekankan pada penguasaan terhadap teori dan praktek penggunaan Excel tingkat lanjut dengan memberikan contoh-contoh kasus yang biasa terjadi didunia kerja dan dapat diselesaikan dengan menggunakan bantuan tools Microsoft Excel ini.

Pelatihan ini menggunakan sistem pelatihan Microsoft Excel sesuai dengan Standar BNSP. Dengan harapan apabila nantinya para Guru dan Siswa SMK Plus Al Aitam Jurusan Administrasi Perkantoran ini akan mengikuti Uji Kompetensi Microsoft Excel mereka bisa Lulus dan mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang diakui oleh Negara.

 

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi kegiatan lain dapat dilihat pada link berikut :

Pengabdian Masyarakat

http://iomt.rg.telkomuniversity.ac.id/2017/02/22/kegiatan-pkm-kk-iomt-di-smk-al-aitaam-kab-bandung/

 


Leave a Reply